JAKARTA – Pengamat Telematika Ruby Alamsyah mengomentar tumbangnya layanan BlackBerry Messenger (BBM) Rabu (2/10) Untuk menjelaskan peristiwa tersebut, pihak Research in Motion(RIM) harus memberikan penjelasan yang masuk akal kepada pengguna BlackBerry di Tanah Air“RIM sebagai perusahaan teknologi seharusnya sudah memiliki metode apabila terjadi gangguan, jadi perusahaan tersebut harus memberikan alasan yang masuk akal kepada pengguna Indonesia,” kata Ruby kepada Okezone, Kamis (4/10/2012). di Kanada, Rubby mengatakan bahwa alasan itu tidak masuk akal“Di mana pun letak server memang perusahaan yang memiliki kewenangan, namun sekelas RIM adalah tidak masuk akal apabila mereka tidak memiliki fasilitas server untuk mem- backup jika terjadi gangguan,” tukasnya Seperti diketahui, akibat tumbangnya layanan BBM, membuat sejumlah pengguna smartphone besutan RIM geram“Saya kirim BBM dari tadi checklist doang,” keluh Windi salah satu pengguna layanan BlackBerry Internet Service (BIS) dari Telkomsel. Sementara itu bukan hanya pengguna Telkomsel yang mengelukan ayanan BBM, pengguna XL, Indosat pun mengeluhkan masalah yang sama, “Daritadi BBM centang doang, gangguan kira-kira terjad sekitar satu jam yang lalu,” kata Firdaus pengguna layanan BIS Indosat(fmh)